Materi UKKJ 2025
Materi
Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) JF Guru mengacu pada standar kompetensi masing-masing JF sesuai dengan
jenjangnya yang meliputi kompetensi teknis, kompetensi manajerial, dan
kompetensi sosial kultural.
1.
Kompetensi Teknis
Kompetensi
Teknis adalah pengetahuan, keterampilan, dan
sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan yang spesifik
berkaitan dengan bidang teknis jabatan.
2.
Kompetensi Manajerial
Kompetensi
Manajerial adalah pengetahuan,
keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan untuk
memimpin dan/atau mengelola unit organisasi.
3.
Kompetensi Sosial Kultural
Kompetensi
Sosial Kultural adalah pengetahuan,
keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan
terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal
agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai,
moral, emosi dan prinsip, yang harus dipenuhi oleh setiap pemegang Jabatan
untuk memperoleh hasil kerja sesuai dengan peran, fungsi dan Jabatan.
Persyaratan Lulus Uji Kompetensi
Persyaratan
lulus Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) JF Guru adalah sebagai berikut.
1.
Peserta Uji Kompetensi dinyatakan lulus jika memenuhi persyaratan nilai minimal
kelulusan.
2. Nilai
minimal kelulusan paling rendah 70 (tujuh puluh) untuk setiap jenjang.
3. Nilai
minimal kelulusan sebagaimana dimaksud diperoleh dari akumulasi bobot nilai
akhir dari nilai rata-rata materi kompetensi teknis, kompetensi manajerial, dan
kompetensi sosial kultural.
4.
Penghitungan bobot penilaian materi kompetensi teknis sebesar 70% (tujuh puluh
persen).
5.
Penghitungan bobot penilaian materi kompetensi manajerial dan kompetensi sosial
kultural sebagaimana dimaksud jumlah akumulasi sebesar 30% (tiga puluh persen).
Jadwal UKKJ Guru 2025
Lini masa UKKJ Guru 2025 dirilis
langsung di portal kemdikbud.go.id.
- Sosialisasi UKKJ: 14 April 2025
- Coaching Clinic Pengusulan
Peserta: 21-25 April 2025
- Pengusulan Peserta oleh Dinas
Pendidikan: 28 April - 5 Mei 2025
- Coaching Clinic Pendaftaran
Peserta: 6-7 Mei 2025
- Pendaftaran Peserta UKKJ: 8-16 Mei
2025
- Coaching Clinic Tim Verifikasi
Berkas: 14-16 Mei 2025
- Verifikasi dan Validasi Berkas:
19-23 Mei 2025
- Perbaikan Dokumen Peserta: 26-29
Mei 2025
- Verifikasi dan Validasi Perbaikan
Dokumen: 2-5 Juni 2025
- Pengumuman Hasil Seleksi
Administrasi: 9-12 Juni 2025
- Coaching Clinic Pelaksanaan Ujian
untuk Peserta UKKJ: 19-20 Juni 2025
- Pelaksanaan Uji Kompetensi: 24 Juni
- 1 Agustus 2025
- Pengumuman Hasil dan Penerbitan
Sertifikat: 11-15 Agustus 2025
Berikut ini latihan soal UKKJ guru dan
jawabannya dikutip dari berbagai sumber.
1. Seorang guru pertama perlu
mengintegrasikan berbagai aspek pembelajaran dalam suatu proyek kolaboratif.
Bagaimana guru dapat melakukan integrasi tersebut?
A. Menugaskan tugas yang terpisah
kepada setiap siswa tanpa adanya koordinasi.
B. Memimpin dan mengoordinasikan diskusi kelompok agar siswa dapat saling
berbagi ide dan pemikiran.
c. Mengabaikan kontribusi siswa lain dan fokus pada kontribusinya sendiri.
d. Menghindari kolaborasi dan bekerja
sendiri untuk menghindari kesalahan siswa
Jawaban: B
2. Seorang guru pertama ingin
menyampaikan instruksi dengan jelas kepada siswa-siswanya. Apa yang harus
diperhatikan dalam komunikasi efektif?
A. Menggunakan bahasa teknis yang sulit
dipahami oleh siswa
B. Mengabaikan pertanyaan atau kekhawatiran siswa
C. Menggunakan contoh dan ilustrasi yang relevan
D. Menghindari menggunakan media atau alat bantu komunikasi
Jawaban: C
3. Sorang guru mada ingin meningkatkan
hasil belajar siswanya. Apa yang perlu dilakukan untuk mengembangkan orientasi
pada hasil?
A. Fokus pada metode pengajaran yang
sesuai dengan gaya belajar siswa
B. Membiarkan siswa menentukan sendiri tujuan pembelajaran mereka.
C. Mengabaikan hasil evaluasi siswa dan hanya fokus pada materi yang diajarkan.
D. Melupakan pentingnya mengukur kemajuan siswa.
Jawaban: A
4. Seorang guru muda ingin
mengembangkan diri dan membantu rekan kerjaya dalam meningkatkan kompetensi.
Apa yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut?
A. Memprioritaskan kepentingan diri
sendiri daripada pengembangan rekan kerja.
B. Menolak untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan rekan kerja.
C. Mengikuti pelatihan dan menghadiri seminar yang relevan
D. Tidak peduli dengan kemampuan dan pengembangan diri rekan kerja.
Jawaban: C
5. Seorang guru pertama dihadapkan pada
perubahan kurikulum yang signifikan. Bagaimana cara mengelola perubahan
tersebut?
A. Menolak untuk menerima perubahan dan
tetap mempertahankan metode pengajaran yang lama.
B. Melihatkan pihak terkait dalam proses perencanaan dan implementasi
perubahan.
C. Menghindari berkomunikasi dengan siswa dan rekan kerja tentang perubahan
tersebut.
D. Mengabaikan dampak perubahan pada proses pembelajaran
Jawaban: B
6. Sang guru muda dihadapkan pada
situasi di mana ia perlu mengambil keputusan penting terkait strategi
pembelajaran. Bagaimana cara yang tepat untuk mengambil keputusan tersebut?
A. Mengandalkan keputusan orang lain
tanpa pertimbangan yang matang.
B. Mengabaikan informasi yang relevan dalam proses pengambilan keputusan.
C. Mempertimbangkan berbagai opsi dan dampak yang mungkin terjadi.
D. Mengambil keputusan secara acak tanpa pertimbangan yang jelas.
Jawaban: C
7. Apa yang harus dilakukan seorang
guru muda untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam
menjalankan tugasnya?
A. Melakukan penelitian tentang topik
pendidikan terkini
B. Bergabung dengan organisasi guru di tingkat nasional.
C. Mengikuti pelatihan dan pengembangan profesional secara teratur
D. Mengandalkan pengalaman kerja saja.
Jawaban: C
8. Apa yang dimaksud dengan refleksi
diri dalam konteks pengembangan profesional seorang guru muda?
A. Mengevaluasi kinerja siswa secara
berkala
B. Merenungkan dan mengevaluasi praktik pengajaran sendiri.
C. Menyusun rencana pembelajaran secara rinci.
D. Membandingkan hasil belajar siswa dengan sekolah lain.
Jawaban: B
9. Bagaimana seorang guru mada dapat
meningkatkan hubungan dengan orang tua siwa?
A. Menghindari interaksi dengan orang
tua siswa
B. Mengirimkan laporan perkembangan siswa secara teratur.
C. Mengadakan pertemuan reguler dengan orang tua siswa.
D. Menyalahkan orang tua siswa jika hasil belajar rendah.
Jawaban: C
10. Perkembangan kognitif merupakan
salah satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan peserta didik. Faktor
utama yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak adalah?
A. Inspirasi
B. Budaya
C. Instruksi
D. Pengasuhan dan lingkungan.
Jawaban: D
11. Kemampuan berpikir untuk
mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek
bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia?
A. 0-2 tahun.
B. 2 -- 7 tahun.
C. 7--11/12 tahun.
D. 11/12/- 14/15 tahun.
Jawaban: C
12. Kemampuan peserta didik untuk
membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan?
A. Kognitif.
B. Sosial.
C. Emosional.
D. Moral.
Jawaban: C
13. Pemecahan masalah dengan cara
perundingan yaitu dengan metode?
A. Akomodasi
B. Kompromi
C. Kolaborasi
D. Kompetisi
E. Remisi
Jawaban:
B
14. Yang termasuk unsur-unsur
kebudayaan yaitu?
A. Peralatan
B. Bahasa dan tarian
C. Bahasa dan kesenian
D. Tempat wisata dan sistem keagamaan
E. Bangunan modern
Jawaban: C
15. Menurut E.B Taylor kebudayaan
merupakan?
A. Kemampuan seluruh anggota masyarakat
B. Seperangkat peraturan dan norma yang dimiliki bersama oleh anggota
masyarakat
C. Keseluruhan yang komplek di dalamnya terkandung pengetahuan, moral, hokum,
adat istiadat yang didapat oleh seseorang
D. Hal-hal yang bersangkutan dengan budi dan akal
E. Hal-hal yang bersangkutan tingkah laku
Jawaban: C
16. Apa peran teknologi informasi dalam
pendidikan modern?
A. Sebagai pengganti guru
di kelas
B. Memperkaya sumber belajar dan alat pengajaran
C. Membatasi interaksi sosial di kelas
D. Mengurangi kebutuhan akan buku teks dan materi cetak
Jawaban: B
17. Bagaimana sebaiknya guru menanggapi
kesalahan siswa selama proses pembelajaran?
A. Mengabaikan kesalahan tersebut dan
melanjutkan pelajaran
B. Menggunakan kesalahan sebagai kesempatan untuk belajar
C. Memberikan hukuman agar tidak terulang
D. Meminta siswa lain untuk mengoreksi
18. Apa yang dimaksud dengan
differentiated instruction?
A. Pengajaran yang sama untuk setiap
siswa
B. Modifikasi pengajaran sesuai dengan kebutuhan individu siswa
C. Menggunakan satu metode pengajaran untuk semua topik
D. Mengajar tanpa menggunakan alat bantu
Jawaban: B
19. Alat evaluasi apa yang paling
sesuai untuk mengukur kreativitas siswa?
A. Tes pilihan ganda standar
B. Proyek individu yang menuntut solusi inovatif
C. Tes mendengarkan dan mengulang
D. Lembar kerja berulang
Jawaban: B
20. Apa peran teknologi informasi dalam
pendidikan modern?
A. Sebagai pengganti guru di kelas
B. Memperkaya sumber belajar dan alat pengajaran
C. Membatasi interaksi sosial di kelas
D. Mengurangi kebutuhan akan buku teks dan materi cetak
Jawaban: B
21. Manakah dari berikut ini yang
merupakan ciri khas pembelajaran berbasis proyek?
A. Penekanan pada hafalan fakta dan
data
B. Penggunaan tes tertulis sebagai evaluasi utama
C. Siswa bekerja dalam kelompok untuk menyelesaikan masalah nyata
D. Menggunakan satu sumber informasi saja
Jawaban: C
22. Apa tujuan penggunaan refleksi guru
setelah mengajar?
A. Mencari kesalahan siswa dalam belajar
B. Menilai dan meningkatkan metode pengajarannya
C. Membandingkan hasil belajar antarkelas
D. Mempersiapkan materi untuk tahun ajaran berikutnya
Jawaban: B
23. Dokumen yang berisi indikator dan
tujuan pembelajaran yang disusun oleh guru sebelum mengajar adalah?
A. Silabus pembelajaran
B. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
C. Rencana penilaian pembelajaran
D. Analisis kompetensi inti dan kompetensi dasar
Jawaban: B
24. Apa yang dimaksud dengan pendekatan
pembelajaran yang berpusat pada siswa?
A. Guru menjadi pusat perhatian dalam
proses pembelajaran.
B. Siswa berperan aktif dalam mengkonstruksi pengetahuan dan memecahkan
masalah.
C. Siswa hanya bertindak sebagai penerima informasi dari guru.
D. Guru memberikan instruksi secara terpusat pada materi pelajaran.
Jawaban: B
25. Apa yang harus dilakukan seorang
guru muda untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran?
A. Menghindari interaksi aktif dengan
siswa dalam proses pembelajaran.
B. Menerapkan metode pengajaran yang monotom dan membosankan.
C. Menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan relevan bagi siswa.
D. Memberikan tekanan dan stres kepada siswa agar aktif dalam pembelajaran.
Jawaban: C
26. Apa yang harus dilakukan seorang
guru muda dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dengan orang tua siswa?
A. Menghindari interaksi dengan orang
tua siswa.
B. Memberikan laporan perkembangan siswa secara teratur.
C. Mengadakan pertemuan dan berkomunikasi secara terbuka dengan orang tua
siswa.
D. Menyalahkan orang tua siswa jika hasil belajar rendah.
Jawaban: C
27. Bagaimana sebaiknya guru menanggapi
kesalahan siswa selama proses pembelajaran?
A. Mengabaikan kesalahan tersebut dan
melanjutkan pelajaran
B. Menggunakan kesalahan sebagai kesempatan untuk belajar
C. Memberikan hukuman agar tidak terulang
D. Meminta siswa lain untuk mengoreksi
Jawaban: B
28. Strategi apa yang efektif untuk
mengelola kelas yang beragam?
A. Memberlakukan aturan yang sama untuk
semua siswa
B. Mengadaptasi metode pengajaran sesuai kebutuhan individu
C. Menekankan pada pembelajaran frontal
D. Menghindari penggunaan teknologi dalam kelas
Jawaban: B
29. Apa yang perlu diperhatikan oleh
seorang guru muda dalam merencanakan pembelajaran berbasis teknologi?
A. Menghindari penggunaan teknologi
dalam pembelajaran.
B. Menerapkan teknologi tanpa mempertimbangkan tujuan pembelajaran.
C. Memilih dan mengintegrasikan teknologi yang relevan dengan tujuan
pembelajaran.
D. Membatasi penggunaan teknologi hanya sebagai hiburan di kelas.
Jawaban: C
30. Apa yang harus diutamakan dalam
menyusun rencana pelajaran?
A. Menyelesaikan silabus secepat
mungkin
B. Menyesuaikan pelajaran dengan kebutuhan dan minat siswa
C. Menggunakan banyak tugas untuk memastikan pemahaman
D. Berfokus pada satu metode pengajaran
Jawaban:
B
31. Apa yang harus dilakukan seorang guru
muda untuk mengembangkan keterampilan manajemen kelas yang efektif?
A. Menghindari pembahasan aturan dan
prosedur kelas.
B. Membiarkan siswa mengatur kelas tanpa pengawasan.
C. Menerapkan aturan kelas dengan konsisten dan adil.
D. Mengabaikan perbedaan kebutuhan siswa dalam kelas.
Jawaban: C
32. Apa yang harus diperhatikan oleh
seorang guru muda dalam mengevaluasi hasil belajar siswa?
A. Menganalisis setiap jawaban siswa
secara individu.
B. Mengabaikan umpan balik siswa dalam proses evaluasi.
C. Menerapkan berbagai metode evaluasi
yang bervariasi.
D. Memberikan nilai berdasarkan
perbandingan dengan siswa lainnya.
Jawaban: C
33. Apa yang harus dilakukan seorang
guru muda untuk menjaga keamanan dan keselamatan siswa di lingkungan kelas?
A. Mengabaikan peraturan keselamatan
yang telah ditetapkan.
B. Membiarkan siswa mengatur keamanan mereka sendiri.
C. Mengawasi aktivitas siswa dengan cermat.
D. Menghindari penggunaan alat dan bahan berbahaya di kelas.
Jawaban: C
34. Apa yang dimaksud dengan penilaian
formatif dalam konteks pembelajaran?
A. Penilaian akhir yang dilakukan
setelah proses pembelajaran selesai.
B. Penilaian yang bertujuan untuk memberikan umpan balik dan meningkatkan
pembelajaran.
C. Penilaian yang hanya berfokus pada
aspek kognitif siswa.
D. Penilaian yang menggantikan tugas
dan tes tertulis.
Jawaban: B
35. Apa yang perlu diperhatikan oleh
seorang guru muda dalam menghadapi tantangan dalam mengajar?
A. Menyerah dan menghindari tantangan.
B. Mengabaikan kebutuhan dan minat siswa.
C. Mencari bantuan dari rekan kerja dan sumber daya lainnya.
D. Menerapkan metode pengajaran yang sama tanpa penyesuaian.
Jawaban: C
36. Apa yang perlu diperhatikan oleh
seorang guru muda dalam membangun hubungan yang positif dengan rekan kerja?
A. Mementingkan kepentingan pribadi dan
bersaing dengan rekan kerja.
B. Menghindari kerja sama tim dengan rekan kerja.
C. Membangun komunikasi yang efektif dan saling mendukung dengan rekan kerja.
D. Membatasi interaksi dengan rekan kerja hanya dalam konteks profesional.
Jawaban: C
37. Apa yang harus dilakukan seorang
guru muda dalam meningkatkan keterampilan manajemen konflik di kelas?
A. Menghindari konfrontasi dengan siswa
yang bermasalah.
B. Mengabaikan masalah konflik yang muncul di kelas.
C. Menerapkan strategi penyelesaian konflik yang efektif dan adil.
D. Menghukum siswa yang terlibat dalam konflik tanpa mencari solusi.
Jawaban: C
38. Apa yang harus dilakukan seorang
guru muda dalam membangun hubungan yang positif dengan siswa dengan kebutuhan
khusus?
A. Mengabaikan kebutuhan khusus siswa.
B. Memisahkan siswa dengan kebutuhan khusus dari siswa lainnya.
C. Memberikan dukungan dan penyesuaian yang sesuai dengan kebutuhan siswa.
D. Membiarkan siswa dengan kebutuhan khusus mengatasi hambatannya sendiri.
Jawaban: C
39. Apa yang harus dilakukan seorang
guru muda untuk meningkatkan kualitas pengajaran mereka?
A. Menghindari mencari umpan balik dari
siswa dan rekan kerja.
B. Mengandalkan materi pelajaran dari buku teks tanpa inovasi.
C. Melakukan refleksi diri secara teratur dan mencari umpan balik dari siswa
dan rekan kerja.
D. Menerapkan metode pengajaran yang sama tanpa penyesuaian.
Jawaban: C
40. Apa yang dimaksud dengan pengajaran
yang responsif terhadap keberagaman siswa?
A. Mengabaikan perbedaan individual
siswa dalam proses pengajaran.
B. Menggunakan satu pendekatan pengajaran yang sama untuk semua siswa.
C. Mengakui dan menghargai latar belakang dan kebutuhan siswa yang beragam.
D. Memisahkan siswa berdasarkan kemampuan akademik.
Jawaban: C
Selamat belajar, soal diatas hanyalah latihan, dengan banyak berlatih akan lebih mudah, semoga sukses
No comments:
Post a Comment