- Kisi-kisi
pas bio xi sem 1 ta 22
- Disajikan
data organel dalam sitoplasma, siswa dapat
- gambar
sel hewan, siswa dapat mengidentifikasi nama organel dan fungsinya pada
gambar sel hewan.
- Siswa
dapat menentukan nama organel berdasarkan fungsinya.
- Diberikan pernyataan pemberian pupuk pada
tanaman menentukan organel yang berperan dalam proses
fotosintesis.
- Siswa
dapat menyebutkan komponen kimiawi penyusun sel.
- Seorang
siswa melakukan pengamatan sebuah preparat awetan , siswa dapat
menganalisis organel sel berdasarkan fungsinya.
- Disajikan
gambar salah satu organel sel, siswa dapat mengidentifikasi fungsi organel
berdasarkan gambar
- Disajikan
seringkali, dijumpai tanaman
menjadi layu. Siswa dapat menjelaskan kasus ini ditinjau dari konsep
transport membran.
- Disajikan
gambar plasmolisis dan turgid, siswa dapat menentukan proses yang terjadi
pada percobaan transport pasif
- Disajikan percobaan dengan merendam daun Rhoeo
discolor ke dalam larutan X, siswa dapat menganalisis
proses yang terjadi pada percobaan transport
pasif.
- Ditampilkan
beberapa ciri sel parenkim, siswa dapat menentukan fungsi sel parenkim dengan benar.
- Ditampilkan
berbagai ciri sel penyusun jaringan, siswa dapat menentukan ciri – ciri
jaringan parenkim dengan benar.
- Ditampilkan gambar jaringan penyusun batang, siswa dapat menunjukkan
jaringan penyusun batang dengan tepat.
- Ditampilkan ciri –
ciri suatu jaringan, siswa dapat menyebutkan fungsi jaringan dengan tepat.
- Diberikan data
jaringan parenkim dibedakan menjadi 5, yaitu parenkim asimilasi, parenkim air,
parenkim pengangkut, parenkim udara dan parenkim penimbun.
- Siswa dapat
menjelaskan fungsi dan contoh tumbuhannya dari masing – masing parenkim.
- Disajikan gambar penampang melintang daun, siswa
dapat menentukan fungsi jaringan
tertentu..
- Disajikan gambar penampang
melintang batangtumbuhan dikotil, siswa dapat menentukan fungsi bagian tanaman yang berperan
mengangkut hasil fotosintesis.
- Siswa dapat menjelaskan kemampuan tumbuhan melakukan
perbanyakan dng totipotensi.
- Siswa
dapat Menjelaskan istilah istilah dalam kultur jaringan Siswa dapat menjelaskan
fungsi jaringan epitel.
- Disajikan gambar jaringan epitel, siswa dapat menentukan jenis jaringan tersebut.
- Disajikan data ciri-ciri berbagai macam jaringan hewan, siswa dapat
menentukan yang termasuk ciri-ciri jaringan ikat.
- Disajikan gambar jaringan ikat , siswa dapat
menjelaskan fungsi jaringan tersebut.
- Disajikan data-data jaringan otot hewan, siswa dapat
menentukan fungsi jaringan tersebut.
- Dituliskan berbagai sifat pada otot, siswa dapat
menentukan kemampuan otot untuk kembali pada posisi semula setelah beraktifitas.
- Disajikan gambar sel saraf, siswa dapat menentukan bagian sel saraf penerima rangsang.
- Disajikan data sistem organ manusia, siswa dapat memilih organ penyusun sistem koordinasi.
- Disajikan berbagai macam sel saraf, siswa dapat
memilih macam sel saraf beserta fungsinya yang benar.
- Disajikan gambar Sistem Havers pada tulang keras, siswa dapat menentukan
nama bagian-bagiannya.
- Disajikan gambar
bagian tulang keras, siswa dapat menentukan bagian yang memungkinkan terjadi pembelahan sel dan menambah ukuran tulang .
- Disajikan gambar skema sendi, siswa dapat menentukan
pasangan nama sendi dan lokasi yang benar.
- Disajikan gambar tengkorak
manusia, siswa dapat mengidentifikasi
jenis-jenis sendi.
- Disajikan data ciri-ciri otot, siswa dapat
menentukan yang
termasuk ciri-ciri otot lurik.
- Disajikan gambar cara kerja otot, siswa dapat menjelaskan jenis cara keerja
otot tersebut.
- Siswa dapat menjelaskan
kelainan otot yang mengalami pengecilan karena lama tidak terlatih untuk
bergerak.
- Siswa dapat menjelaskan usaha pengobatan kanker
tulang.
- Siswa dapat menjelaskan ciri otot jantung sebagai otot campuran.
- Peserta
didik dapat menyebutkan komponen-komponen penyusun sel darah.
- Disajikan
tabel golongan darah peserta
didik dapat menjelaskan dasar transpusi darah yang dapat menyebabkan
peristiwa aglutinasi.
- Disajikan
bagan pembekuan darah peserta didik
dapat menjelaskan proses pembekuan darah.
- Disajikan data peredaran darah, peserta didik
dapat mengurutkan proses peredaran darah.
- Peserta
didik dapat
mendiskripsikan berbagai
kelainan / penyakit pada sistem peredaran darah.
- Disajikan pernyataan bahwa
dalam transfusi darah , hal yang
perlu diperhatikan adalah jenis aglutinogen donor dan aglutinin resipien, siswa dapat
menganalisis yang terjadi
jika seseorang bergolongan darah AB mendonorkan darahnya kepada orang
yang bergolongan darah A
- Disediakan efek dari transfuse darah, siswa dapat
menjelaskan pengaruh transfui darah pada golongan darah manusia.
- Disediakan
berbagai macam gangguan pada peredaran darah manusia, Siswa dapat
menjelaskan gangguan – gangguan pada system peredaran darah manusia.
- Disediakan
metode mengatasi gangguan pada sistem peredaran darah manusia, Siswa dapat
menjelaskan metode untuk menanggulangi gangguan pada darah manusia. Siswa dapat menjelaskan
urutan proses
penguraian singkong
sampai menjadi energi pada tubuh manusia
- Siswa dapat menjelaskan proses penyerapan
hasil pencernaan
zat makanan.
- Disajikan
tabel, siswa dapat menentukan proses pencernaan makanan secara kimiawi.
- Disajikan sebuah
pernyataan hasil
sekresi kelenjar tubuh yang berperan aktif dalam proses pencernaan
makanan. Siswa dapat menjelaskan zat yang berfungsi mengubah amilum
menjadi maltosa.
- Disajikan sebuah
gambar sistem pencernaan makanan hewan memamah biak, siswa dapat
menentukan urutan
jalannya makanan dari mulut sampai keempat macam lambung.
- Disajikan
sebuah gambar organ lambung. Siswa dapat menentukan
macam-macam gangguan/kelainan pada sistem pencernaan.
- Siswa dapat menjelaskan
jenis-jenis gangguan / kelainan
pada sistem pecernaan manusia.
- Disajikan
tabel hasil uji zat makanan, siswa dapat menganalisis bahan makanan hasil uji tersebut.
- Siswa dapat menjelaskan penyebab
dan gejalanya pada Gangguan dan kelainan sistem
pencernaan makanan manusia.
No comments:
Post a Comment