Thursday, November 10, 2022

  • Kisi-kisi pas bio xi sem 1 ta 22

  • Disajikan data organel dalam sitoplasma, siswa dapat
  • gambar sel hewan, siswa dapat mengidentifikasi nama organel dan fungsinya pada gambar sel hewan.
  • Siswa dapat menentukan nama organel berdasarkan fungsinya.
  • Diberikan pernyataan pemberian pupuk pada tanaman menentukan organel yang berperan dalam proses fotosintesis.
  • Siswa dapat menyebutkan komponen kimiawi penyusun sel.
  • Seorang siswa melakukan pengamatan sebuah preparat awetan , siswa dapat menganalisis organel sel berdasarkan fungsinya.
  • Disajikan gambar salah satu organel sel, siswa dapat mengidentifikasi fungsi organel berdasarkan gambar
  • Disajikan seringkali, dijumpai tanaman menjadi layu. Siswa dapat menjelaskan kasus ini ditinjau dari konsep transport membran.
  • Disajikan gambar plasmolisis dan turgid, siswa dapat menentukan proses yang terjadi pada percobaan transport pasif
  • Disajikan percobaan dengan merendam daun Rhoeo discolor ke dalam larutan X, siswa dapat menganalisis proses yang terjadi pada percobaan transport  pasif.
  •  Ditampilkan beberapa ciri sel parenkim, siswa dapat menentukan fungsi sel parenkim dengan benar.
  • Ditampilkan berbagai ciri sel penyusun jaringan, siswa dapat menentukan ciri – ciri jaringan parenkim dengan benar.
  • Ditampilkan gambar jaringan penyusun batang, siswa dapat menunjukkan jaringan penyusun batang dengan tepat.
  • Ditampilkan ciri – ciri suatu jaringan, siswa dapat menyebutkan fungsi jaringan dengan tepat.
  • Diberikan data jaringan parenkim dibedakan menjadi 5, yaitu parenkim asimilasi, parenkim air, parenkim pengangkut, parenkim udara dan parenkim penimbun.
  • Siswa dapat menjelaskan fungsi dan contoh tumbuhannya dari masing – masing  parenkim.
  • Disajikan gambar penampang melintang daun, siswa dapat menentukan fungsi  jaringan tertentu..
  • Disajikan gambar penampang melintang batangtumbuhan dikotil, siswa dapat menentukan  fungsi bagian tanaman yang berperan mengangkut hasil fotosintesis.
  • Siswa dapat menjelaskan kemampuan tumbuhan melakukan perbanyakan dng totipotensi.
  •  Siswa dapat Menjelaskan istilah istilah dalam kultur jaringan Siswa dapat menjelaskan  fungsi  jaringan  epitel.
  • Disajikan gambar jaringan epitel, siswa dapat menentukan jenis  jaringan tersebut.
  • Disajikan data ciri-ciri berbagai macam  jaringan hewan, siswa dapat menentukan yang termasuk ciri-ciri jaringan ikat.
  • Disajikan gambar jaringan  ikat , siswa dapat menjelaskan fungsi jaringan tersebut.
  • Disajikan data-data jaringan otot hewan, siswa dapat menentukan fungsi  jaringan tersebut.
  • Dituliskan berbagai sifat pada otot, siswa dapat menentukan kemampuan otot untuk kembali pada posisi semula setelah beraktifitas.
  • Disajikan gambar sel saraf, siswa dapat  menentukan bagian sel saraf penerima rangsang.
  •  Disajikan data sistem organ manusia, siswa dapat  memilih organ penyusun sistem koordinasi.
  • Disajikan berbagai macam sel saraf, siswa dapat memilih macam sel saraf beserta fungsinya yang benar.
  • Disajikan gambar Sistem Havers  pada tulang keras, siswa dapat menentukan nama bagian-bagiannya.
  • Disajikan  gambar bagian tulang keras, siswa dapat menentukan bagian yang  memungkinkan terjadi pembelahan  sel dan menambah ukuran   tulang .
  • Disajikan gambar skema sendi, siswa dapat menentukan pasangan nama sendi dan lokasi yang benar.
  • Disajikan gambar tengkorak manusia, siswa dapat mengidentifikasi  jenis-jenis sendi.
  • Disajikan data ciri-ciri otot, siswa dapat menentukan yang termasuk ciri-ciri otot lurik.
  •  Disajikan gambar cara kerja otot,  siswa dapat menjelaskan jenis cara keerja otot tersebut.
  • Siswa dapat menjelaskan  kelainan otot yang mengalami pengecilan karena lama tidak terlatih untuk bergerak.
  • Siswa dapat menjelaskan  usaha pengobatan kanker tulang.
  • Siswa dapat menjelaskan  ciri otot jantung sebagai otot campuran.
  • Peserta didik dapat menyebutkan komponen-komponen  penyusun sel darah.
  • Disajikan tabel golongan darah  peserta didik dapat menjelaskan dasar transpusi darah yang dapat menyebabkan peristiwa aglutinasi.
  • Disajikan bagan  pembekuan darah peserta didik dapat menjelaskan  proses pembekuan darah.
  • Disajikan data peredaran darah, peserta didik dapat mengurutkan proses peredaran darah.
  • Peserta didik dapat mendiskripsikan berbagai kelainan / penyakit pada sistem peredaran darah.
  • Disajikan pernyataan bahwa dalam  transfusi darah , hal yang perlu diperhatikan adalah jenis aglutinogen donor dan  aglutinin resipien, siswa dapat menganalisis yang  terjadi jika seseorang bergolongan darah AB mendonorkan darahnya kepada orang yang bergolongan darah A
  • Disediakan  efek dari transfuse darah, siswa dapat menjelaskan pengaruh transfui darah pada golongan darah manusia.
  • Disediakan berbagai macam gangguan pada peredaran darah manusia, Siswa dapat menjelaskan gangguan – gangguan pada system peredaran darah manusia.
  • Disediakan metode mengatasi gangguan pada sistem peredaran darah manusia, Siswa dapat menjelaskan metode untuk menanggulangi gangguan pada darah manusia. Siswa dapat menjelaskan urutan  proses penguraian singkong sampai menjadi energi pada tubuh manusia
  • Siswa dapat menjelaskan proses penyerapan hasil pencernaan zat makanan.
  • Disajikan tabel, siswa dapat menentukan  proses  pencernaan makanan secara kimiawi.
  • Disajikan   sebuah  pernyataan hasil sekresi kelenjar tubuh yang berperan aktif dalam proses pencernaan makanan. Siswa dapat menjelaskan zat yang berfungsi mengubah amilum menjadi maltosa.
  • Disajikan sebuah gambar sistem pencernaan makanan hewan memamah biak, siswa dapat menentukan urutan jalannya makanan dari mulut sampai keempat macam  lambung.
  • Disajikan sebuah  gambar organ  lambung. Siswa dapat menentukan macam-macam gangguan/kelainan pada sistem pencernaan.
  • Siswa dapat menjelaskan jenis-jenis gangguan / kelainan  pada sistem pecernaan manusia.
  • Disajikan tabel hasil uji zat makanan, siswa dapat menganalisis bahan  makanan hasil uji tersebut.
  • Siswa dapat menjelaskan penyebab dan gejalanya pada Gangguan dan kelainan sistem pencernaan makanan manusia.

No comments: