Thursday, November 10, 2022

Indikator soal PAS Biologi kelas x

·         dapat menentukan tingkatan organisasi kehidupan makhluk hidup

·         Disajikan sebuah gambar. Siswa dapat menunjukkan tingkat keanekaragaman makhluk hidup

·         Disajikan beberapa macam organisme.  dapat menentukan tingkatan organisme dan alasannya

·         Siswa dapat menentukan faktor-faktor penyebab keanekaragaman makhluk hidup

·         Disajikan sebuah gambar. Siswa dapat menentukan penyebab terbentuknya keanekaragaman   tingkat ekosistem

·         Siswa mampu menyebutkan interaksi hewan yang menunjukkan kompetisi interspesifik

·         Disajikan gambar organisme dalam ekosistem siswa mampu menyebutkan gambar hewan yang   berperan sebagai detritivor

·         Disajikan gambar interaksi organisme dalam ekosistem siswa mampu menyebutkan jenis   interaksi yang terjadi

·         Siswa mampu menggambarkan pembagian wilayah persebaran flora dan fauna Indonesia   berdasarkan garis Wallace dan Weber

·         Siswa mampu menyebutkan contoh fauna di salah satu wilayah Indonesia

·         Disajikan sebuah deskripsi, siswa dapat menentukan tingkatan keanekaragaman hayati

·         Disajikan sebuah data. Siswa dapat menentukan jenis pelestarian pada habitat asli yang tepat

·         Siswa mampu menentukan pemanfaatan keanekaragaman hayati dari berbagai bidang 

·         Berdasarkan gambar peta Indonesia yang disajikan. Siswa dapat menyebutkan pembagian   persebaran keanekaragaman fauna tersebut beserta ciri dan contoh-contoh fauna dari masing-   masing wilayah

·         Siswa dapat mengurutkan tingkatan takson dalam klasifikasi hewan

·         Siswa dapat menyebutkan tujuan dari klasifikasi

·         Siswa dapat menentukan contoh tata nama spesies yang sesuai dengan aturan binomial   nomenclature

·         Disajikan data ciri- ciri protista. Siswa dapat menentukan jenis protista berdasarkan ciri yang   ada

       Berdasarkan gambar yang disajikan. Siswa mampu menyimpulkan apa yang diperoleh   mengenai Protozoa yang terdapat dalam air rendaman jerami

·         Siswa dapat menyebutkan jenis protozoa penyebab penyakit tertentu

·         Berdasarkan data yang ada, siswa dapat menentukan peranan protista

·         Disajikan sebuah gambar plantae. Siswa dapat menentukan bagian dari gambar berdasarkan   fungsinya

·         Menjelaskan daur hidup lumut/ paku

·         Siswa dapat menentukan ciri-ciri dari salah satu filum Animalia

·         Disajikan data ciri-ciri dan gambar hewan. Siswa dapat mengelompokkan ke dalam kelas yang   sama

·         Disajikan gambar. Siswa mampu menentukan salah satu peranan dari kingdom animalia sesuai  gambar

·         Ciri monera

·         Siswa dapat menentukan jenis bakteri yang termasuk kelompok Archaebacteria

·                             Siswa dapat menentukan bentuk bakteri yang menyebabkan penyakit tertentu

·                             Menjelaskan klasifikasi fungi

·         Siswa mampu mengidentifikasi peranan salah satu contoh jamur bagi kehidupan.

·         Berdasarkan gambar yang disajikan. Siswa mampu menyimpulkan apa yang diperoleh   mengenai Fungi yang terdapat dalam hasil preparat tempe (praktikum)

·         Siswa dapat menentukan upaya pelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia

·         Disajikan kasus di suatu wilayah Indonesia. Siswa mampu menentukan solusi yang tepat untuk   menangani kasus di wilayah tersebut.

·         Disajikan sebuah gambar. Siswa dapat menentukan penyebab terbentuknya keanekaragaman   tingkat ekosistem

·         Berdasarkan pernyataan data yang disajikan. Siswa dapat menganalisis permasalahan   keanekaragaman hayati dan memberikan solusi dari permasalahan yang disajikan

·         Disajikan gambar virus, siswa dapat menentukan bagian yang berisi DNA atau RNA

·         Siswa dapat menyebutkan peranan salah satu struktur virus

·         Disajikan salah satu gambar proses replikasi virus. Siswa dapat menentukan fase litik dalam   daur virus

·         Disajikan data penyakit yang disebabkan oleh virus dan gejalanya. Siswa dapat menyebutkan   nama penyakit yang tepat serta pencegahannya

·         Disajikan gambar virus. Siswa mampu mengidentifikasi bagian penyusun tubuh virus sesuai   gambar

·         Disajikan gambar struktur tubuh virus. Siswa mampu menentukan fungsi dari bagian struktur   tubuh virus

·         Siswa mampu menentukan gejala penyakit yang disebabkan oleh virus

·         Disajikan gambar. Siswa mampu menentukan jenis virus yang menyebabkan penyakit

·         Siswa mampu menentukan upaya pencegahan infeksi virus

·         Siswa dapat menggambarkan dan menjelaskan reproduksi virus secara lisogenik

·         Disajikan sebuah data ciri virus, siswa dapat menentukan ciri yang sesuai dengan data yang ada

·         Siswa dapat menjelaskan mengapa pada daur lisogenik tubuh kita tidak terasasakit ketika   tubuh   kita infèksi

·         Siswa dapat menjelaskan tujuan salah satu fase pada replikasi virus

·         Siswa dapat menyebutkan jenis penyakit yang disebabkan oleh virus

·         Disajikan data. Siswa menentukan perantara penyebaran virus yang sesuai menurut bidang   kesehatan

·         Siswa mampu menentukan upaya penanganan terhadap infeksi virus

·         Siswa mampu menentukan cara reproduksi virus

·         Disajikan data. Siswa menentukan jenis virus yang merugikan

·         Disajikan data kasus. Siswa mengidentifikasi penyebab permasalahan, akibat dan cara   mengatasinya

 

 

No comments: