KISI-KISI PAT BIOLOGI SMA MUH 1 KARANGANYAR KELAS XI 2023
· Peserta didik dapat menjelaskan
struktur dan fungsi alat-alat pernafasan
pada manusia
· Peserta didik dapat menjelaskan
menjelaskan mekanisme pernafasan pada
manusia
· Peserta didik dapat menjelaskan proses mekanisme pertukaran O2 dan CO2 dari
alveolus ke kapiler darah · Peserta didik dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pernafasan. · Disajikan suatu pernyataan bu Rahayu mengalami
gejala seperti batuk,demam,sesak napas dan sakit di dada, peserta didik dapat
menjelaskan
kelainan/ penyakit yang terjadi pada sistem pernafasan. · Peserta didik dapat menjelaskan
reaksi kimia proses pertukaran O2 secara difusi di alveolus. · Peserta didik dapat menjelaskan
kelainan/ penyakit yang terjadi pada sistem pernafasan. · Peserta didik dapat menjelaskan
struktur dan macam alat-alat pernafasan pada manusia. Ø Peserta didik dapat menjelaskan mekanisme transport CO2 dalam pernafasan tubuh manusia. |
·
eserta didik dapat menyebutkan macam
organ pada sistem ekskresi
manusia. ·
Peserta didik dapat menjelaskan aktivitas manusia yang berhubungan
dengan peristiwa ekskresi ·
Disajikan gambar penampang melintang kulit. Peserta didik dapat menunjukkan bagian yang
merupakan kelenjar keringat yang berfungsi melakukan ekskresi. ·
Disajikan data macam organ ekskresi dan
zat yang diekskresikan.
Peserta didik dapat menyebutkan hubungan antara organ ekskresi dengan hasil zat yang
diekskresikan. ·
Peserta didik dapat menentukan
peran / fungsi organ eksresi hati. · Disajikan gambar sistem ekskresi. Peserta didik dapat menyebutkan nama-nama organ
yang diberi nomor. · Disajikan gambar sebuah nefron peserta didik mampu menjelaskan fungsi bagian
yang ditunjukkan. ·
Peserta didik dapat menentukan kelainan yang terjadi dari hasil
uji coba urine dengan menggunakan larutan kimia. Ø
Peserta didik dapat menentukan kelainan / penyakit yang terjadi
pada sistem ekskresi pada manusia |
·
Disediakan urutan gerak reflek, Siswa dapat
menjelaskan urutan terjadinya gerak reflek ·
Disediakan
bagian – bagian otak, Siswa dapat menjelaskan bagian otak yang rusak bila
terkena pukulan · Disediakan gambar otak manusia , Siswa dapat menjelaskan bagian dari otak mengalami
kerusakan bila mengalami gangguan penglihatan
· Disediakan bagian dari ujung saraf ruffini,
Siswa dapat menjelaskan bagian dari ujung saraf ruffini yang merupakan
reseptor ·
Disediakan
fungsi kelenjar hipofisis, Siswa dapat menjelaskan fungsi kelenjar hipofisis. · Disajikan gambar anatomi mata, siswa dapat menunjukkan bagian – bagian
mata berdasarkan fungsinya · Disajikan gambar anatomi telinga, siswa dapat menunjukkan bagian –
bagian telinga · Siswa dapat menentukan hubungan antar panca indera · Disajikan gambar anatomi hidung, siswa dapat menunjukkan bagian –
bagian indera pemciuman · Disajikan gambar anatomi kulit, siswa dapat menunjukkan saraf peraba. Ø Siswa dapat mejelaskan hormon yang dihasilkan kelenjar kelamin
pria beserta fungsinya. |
· Peserta
didik dapat memilih dengan benar gangguan fisik akibat atau dampak dari
penggunaan NAPZA · Peserta
didik dapat menentukan fungsi morfin secara medis dalam bidang kesehatan · Peserta
didik dapat menentukan golongan NAPZA yang dapat meningkatkan aktivitas
system saraf pusat atau fungsi organ lainnya, seperti meningkatkan detak
jantung, laju pernapasan, dan tekanan darah. ·
Peserta didik dapat memilih
kandungan kimia rokok yang dapat menyebabkan kecanduan. |
·
Disajikan data Bagian dari organ
reproduksi wanita, peserta didik dapat menjelaskan fungsi dari bagian organ
tersebut. ·
Disajikan
organ
reproduksi pria peserta didik dapat menjelaskan urutan jalannya spermatozoa. ·
Peserta didik dapat menjelaskan hubungan antara estrogen dengan proses
ovulasi. ·
Disajikan data alat reproduksi
wanita peserta
didik dapat menjelaskan terjadinya
pembuahan. ·
Peserta didik dapat menjelaskan fungsi hormon progesteron. ·
Disajikan gambar alat reproduksi wanita Peserta didik
dapat menentukan bagian terjadinya proses fertilasi dan
perkembangan janin. ·
Disajikan proses pembentukan sel kelamin peserta didik dapat menentukan tahap-tahap pembentukan
spermatosit. ·
Peserta didik dapat menjelaskan jenis-jenis metode kontrasepsi. Ø Peserta didik dapat menjelaskan tentang fertilisasi
invitro. |
·
Disajikan
nutrisi
yang terkandung di dalam ASI, peserta didik dapat menjelaskan kandungan ASI
yang berperan menunjang proses tumbuh kembang otak dan memperkuat daya tahan
alami tubuhnya. ·
Peserta didk dapat menjelaskan manfaat
ASI bagi bayi. ·
Peserta didk dapat menjelaskan
manfaat ASI bagi ibu menyusui. ·
Peserta didk dapat menjelaskan komponen kontrasepsi. ·
Peserta didk dapat menjelaskan peranan
hormon pada susuk. |
· Disajikan
pernyataan tentang mekanisme imunitas, peserta didik dapat menentukan yang
merupakan mekanisme imunitas non spesifik. · Disajikan
pernyataan tentang proses fagositosis, peserta didik dapat menentukan urutan proses
fagositosis yang tepat. · Peserta
didik dapat menjelaskan, seseorang
yang pernah menderita penyakit cacar tidak dapat terserang penyakit cacar
yang sama. ·
Peserta didik
dapat menjelaskan jenis vaksinasi yang dapat diberikan
secara per oral. · Disajikan macam-macam penyakit, peserta didik dapat
menentukan yang tergolong penyakit autoimunitas · Disajikan tabel jenis-jenis antibodi dan
fungsinya, peserta didik dapat menentukan pasangan pernyataan yang benar · peserta
didik apat menjelaskan hal yang menyebabkan
seseorang yang diberi vaksin
dapat mengalami terjadinya
demam. Ø Peserta didk dapat menjelaskan jenis-jenis kekebalan tubuh aktif dan kekebalan tubuh pasif. |
No comments:
Post a Comment