Wednesday, May 10, 2023

KISI-KISI PAT BIOLOGI SMA MUH 1 KARANGANYAR KELAS XI 2023

·   Peserta didik dapat menjelaskan struktur dan fungsi alat-alat pernafasan pada manusia

·   Peserta didik dapat menjelaskan menjelaskan mekanisme pernafasan pada manusia

·   Peserta didik dapat menjelaskan proses mekanisme pertukaran O2 dan CO2 dari alveolus ke kapiler darah

·   Peserta didik dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pernafasan.

·   Disajikan suatu pernyataan bu Rahayu mengalami gejala seperti batuk,demam,sesak napas dan sakit di dada, peserta didik dapat  menjelaskan kelainan/ penyakit yang terjadi pada sistem pernafasan.

·   Peserta didik dapat  menjelaskan reaksi kimia proses pertukaran O2 secara difusi di alveolus.

·   Peserta didik dapat  menjelaskan kelainan/ penyakit yang terjadi pada sistem pernafasan.

·   Peserta didik dapat  menjelaskan struktur dan macam alat-alat pernafasan pada manusia.

Ø Peserta didik dapat  menjelaskan mekanisme transport CO2 dalam pernafasan tubuh manusia.

·   eserta didik dapat menyebutkan macam organ pada sistem ekskresi manusia. 

·   Peserta didik dapat menjelaskan aktivitas manusia yang berhubungan dengan peristiwa ekskresi

·   Disajikan gambar penampang melintang kulit. Peserta didik dapat menunjukkan bagian yang merupakan kelenjar keringat yang berfungsi melakukan ekskresi.

·   Disajikan data macam organ ekskresi dan zat yang diekskresikan. Peserta didik dapat menyebutkan hubungan antara  organ ekskresi dengan hasil zat yang diekskresikan.

·   Peserta didik dapat menentukan peran / fungsi organ eksresi hati.

·   Disajikan gambar sistem ekskresi. Peserta didik dapat menyebutkan  nama-nama organ yang diberi nomor.

·   Disajikan gambar sebuah nefron peserta didik mampu  menjelaskan fungsi bagian yang ditunjukkan.

·   Peserta didik dapat menentukan kelainan yang terjadi dari hasil uji coba urine dengan menggunakan larutan kimia.

Ø Peserta didik dapat menentukan kelainan / penyakit yang terjadi pada sistem ekskresi pada manusia

·   Disediakan  urutan gerak reflek, Siswa dapat menjelaskan urutan terjadinya gerak reflek

·   Disediakan bagian – bagian otak, Siswa dapat menjelaskan bagian otak yang rusak bila terkena pukulan

·   Disediakan gambar otak manusia  , Siswa dapat  menjelaskan bagian dari otak mengalami kerusakan bila mengalami gangguan penglihatan 

·   Disediakan bagian dari ujung saraf ruffini, Siswa dapat menjelaskan bagian dari ujung saraf ruffini yang merupakan reseptor

·   Disediakan fungsi kelenjar hipofisis, Siswa dapat menjelaskan  fungsi kelenjar hipofisis.

·   Disajikan gambar anatomi mata, siswa dapat menunjukkan bagian – bagian mata berdasarkan fungsinya

·   Disajikan gambar anatomi telinga, siswa dapat menunjukkan bagian – bagian telinga

·   Siswa dapat menentukan hubungan antar panca indera

·   Disajikan gambar anatomi hidung, siswa dapat menunjukkan bagian – bagian indera pemciuman

·   Disajikan gambar anatomi kulit, siswa dapat menunjukkan saraf peraba.

Ø Siswa dapat mejelaskan  hormon yang dihasilkan kelenjar kelamin pria beserta fungsinya.

·   Peserta didik dapat memilih dengan benar gangguan fisik akibat atau dampak dari penggunaan NAPZA

·   Peserta didik dapat menentukan fungsi morfin secara medis dalam bidang kesehatan

·   Peserta didik dapat menentukan golongan NAPZA yang dapat meningkatkan aktivitas system saraf pusat atau fungsi organ lainnya, seperti meningkatkan detak jantung, laju pernapasan, dan tekanan darah.

·   Peserta didik dapat memilih kandungan kimia rokok yang dapat menyebabkan kecanduan.

·   Disajikan data Bagian dari organ reproduksi wanita, peserta didik dapat menjelaskan fungsi dari bagian organ tersebut.

·   Disajikan organ reproduksi pria peserta didik dapat menjelaskan urutan jalannya spermatozoa.

·   Peserta didik dapat menjelaskan hubungan antara estrogen dengan proses ovulasi.

·   Disajikan data alat reproduksi wanita peserta didik dapat menjelaskan terjadinya pembuahan.

·   Peserta didik dapat menjelaskan fungsi hormon progesteron.

·   Disajikan gambar alat reproduksi wanita Peserta didik dapat menentukan bagian terjadinya proses fertilasi dan perkembangan janin.

·   Disajikan proses pembentukan sel kelamin peserta didik dapat menentukan  tahap-tahap pembentukan spermatosit.

·   Peserta didik dapat menjelaskan jenis-jenis metode kontrasepsi.

Ø Peserta didik dapat menjelaskan tentang fertilisasi invitro.

·   Disajikan nutrisi yang terkandung di dalam ASI, peserta didik dapat menjelaskan kandungan ASI yang berperan menunjang proses tumbuh kembang otak dan memperkuat daya tahan alami tubuhnya.

·   Peserta didk dapat menjelaskan manfaat ASI bagi bayi.

·   Peserta didk dapat menjelaskan manfaat ASI bagi ibu menyusui.

·   Peserta didk dapat menjelaskan komponen kontrasepsi.

·   Peserta didk dapat menjelaskan peranan hormon pada susuk.

·   Disajikan pernyataan tentang mekanisme imunitas, peserta didik dapat menentukan yang merupakan mekanisme imunitas non spesifik.

·   Disajikan pernyataan tentang proses fagositosis, peserta didik dapat menentukan urutan proses fagositosis yang tepat.

·   Peserta didik dapat menjelaskan, seseorang yang pernah menderita penyakit cacar tidak dapat terserang penyakit cacar yang sama.

·   Peserta didik dapat menjelaskan jenis vaksinasi yang dapat diberikan secara per oral.

·   Disajikan  macam-macam penyakit, peserta didik dapat menentukan  yang  tergolong penyakit autoimunitas

·   Disajikan tabel jenis-jenis antibodi dan fungsinya, peserta didik dapat menentukan pasangan pernyataan yang benar

·   peserta didik apat menjelaskan hal yang menyebabkan  seseorang yang diberi vaksin dapat mengalami terjadinya demam.

 Ø Peserta didk dapat menjelaskan jenis-jenis kekebalan tubuh aktif dan kekebalan tubuh pasif.

 


No comments: